ArsipBerita.com - update next 9

ArsipBerita.com - update next 9

Link to Arsip Berita Indonesia - Indonesian News Archives

Korban Kekerasan, Emma Watson Pindah Kuliah?

Posted: 29 Apr 2011 07:25 PM PDT

Sabtu, 30 April 2011 – 09:02 wibPutri Basmalah – Okezone vxfZwJiaO6 Korban Kekerasan, Emma Watson Pindah Kuliah? Emma Watson (Foto:Ist)

LOS ANGELES – Emma Watson baru-baru ini mengumumkan mengambil cuti dari pendidikannya di Brown University di Rhode Island. Namun, bintang Harry Potter itu tidak akan melanjutkan kuliah di Brown University lagi.

Dia resmi menjadi mahasiswa Brown University pada 2009. Bulan lalu, Emma mengatakan kepada fans di situs resminya bahwa dia memutuskan cuti sementara dari studinya.

Juru bicara aktris Inggris ini, Vanessa Davies, mengatakan, Emma tidak akan kembali ke Brown lagi. Untuk seterusnya, dia akan pindah ke universitas lain pada musim gugur ini.

Meskipun Watson mengatakan pengenalan ke kehidupan kampus di Brown ‘mengerikan’ dan penggemar sepak bola membuatnya tidak nyaman, Vanessa menyatakan, tidak benar rumor yang mengatakan bahwa bintang film itu keluar dari Brown karena tindakan kekerasan.

“Emma ingin melanjutkan program studi yang berbeda, yang tidak terdapat di Brown,” ujar Vanessa yang dilansir Popeater.

Tidak lagi menjadi bagian dari komunitas Brown, fans menunggu berita kelanjutan tentang rencana aktris yang menjadi desainer ini dalam melanjutkan studinya.(ang)

Source: Okezone – Celebrity

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Korban Kekerasan, Emma Watson Pindah Kuliah?.


Mantan Artis PCM Ngaku Pernah Kerasukan Arwah Cepot

Posted: 29 Apr 2011 07:25 PM PDT

Sabtu, 30 April 2011 – 09:01 wibElang Riki Yanuar – Okezone sbZm06saOZ Mantan Artis PCM Ngaku Pernah Kerasukan Arwah Cepot Adit ‘Cepot’ (Foto:Elang Riki Yanuar/okezone)

JAKARTA – Adit ‘Cepot’, mantan artis yang tergabung dalam Pangeran Cinta Manajemen (PCM) milik Charly ‘ST12′, mengaku honornya dipangkas dan hanya dibayar Rp20 ribu. Selain itu, Adit juga pernah mengaku kerasukan arwah Cepot, tokoh perwayangan.

“Yang bikin saya aneh, dia (Adit) katanya pernah dirasuki rohnya Cepot. Saya juga aneh dengarnya. Katanya, biar ilmunya ada. Jadi, dia kalau tampil biar kayak Cepot benaran,” beber rekan Adit, Vico Rahman, saat dihubungi lewat telepon, Jumat (29/4/2011).

Vico bersama Adit kerap tampil bersama sebagai komedian. Jika Adit memakai peran Cepot, maka Vico meniru karakter Mr Bean. Mereka berdua sering mengisi program musik di salah satu televisi swasta. Dari hasil jerih payahnya itu, pihak televisi membayar Adit Rp500 ribu setiap tampil. Namun, Adit mengaku hanya mendapat Rp20.900 dari manajemen.

“Mungkin dia merasa enggak nyaman lagi di PCM karena dia pikir syuting di televisi bayarannya gede. Dia kan sudah dinaikin namanya sama Charly, tapi malah kayak begitu,” sesalnya.(ang)

Source: Okezone – Celebrity

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Mantan Artis PCM Ngaku Pernah Kerasukan Arwah Cepot.


Alasan Ekonomi Bikin Penjualan Mobil Ramah Lingkungan Lesu

Posted: 29 Apr 2011 07:05 PM PDT

volt1 Alasan Ekonomi Bikin Penjualan Mobil Ramah Lingkungan Lesu

Amerika Serbuan mobil ramah lingkungan yang gencar dilakukan oleh para produsen di Amerika Serikat belakangan ini, tidak serta merta mendongkrak penjualan kendaraan hijau tersebut. Hal ini dibuktikan oleh hasil penelitian lembaga independen asal AS, Powers Green Automotive Study (PGAS).

Menurut penelitian tersebut, ada beberapa faktor yang membuat orang enggan untuk melirik mobil ramah lingkungan. Dantaranya, harga kendaraan yang mahal dan jarak tempuh mobil hijau yang terbatas. Hingga kenyataan bahwa lokasi fasilitas pengisian ulang yang masih sedikit.

Mike VanNieuwkuyk,  Executive Director PGAS mengatakan. Yang menjadi pertimbangan utama adalah masalah finansial. Dimana faktor harga kendaraan tersebut yang masih mahal, serta ketakutan akan tingginya biaya perawatan mobil hijau tersebut.

Dirinya menambahkan, jika para konsumen sebenarnya ingin membeli mobil hijau tersebut. Tetapi tentu dengan harga yang tidak memberatkan mereka.

Selain itu, jarak tempuh yang terbatas juga menjadi alasan bagi konsumen untuk menjauhi mobil ramah lingkungan. Sebagai contoh, dengan konsumsi 1 liter BBM tiap 16,9 km, Chevrolet Volt hanya dapat memenuhi 70 persen perjalanan harian dari para pengguna di negeri paman Sam itu.

Riset ini juga melaporkan jika 75 persen dari konsumen mobil elektrik atau hybrid menginginkan adanya penghematan dari biaya bensin mereka. Sedihnya, hanya separuh, alias 50 persen konsumen saja yang membeli mobil hijau karena alasan peduli pada lingkungan.

Intinya, harga mobil ramah lingkungan memang harus dipangkas jika tetap ingin laris. Lebih jauh, subsidi yang agresif dari pemerintah harus dipertahankan dengan jangka waktu lama. Terakhir, biaya dari teknologi ramah lingkungan juga perlu diturunkan, pungkas Mike. (mobil.otomotifnet.com)

Penulis : Ilham | Teks Editor : Bagja | Foto : GM

Source: OtomotifNet

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Alasan Ekonomi Bikin Penjualan Mobil Ramah Lingkungan Lesu.


Muenchen Minta Suporter Hormati Neuer

Posted: 29 Apr 2011 07:03 PM PDT

30 April 2011 08:52 WIB

20110430 124743 nuer2 Muenchen Minta Suporter Hormati Neuer

Foto : REUTERS/Alex Domanski/Files/ip

BERLIN: Bayern Munich meminta para suporternya agar memperlakukan para pemain lawan dengan hormat. Ini terkait dengan pertandingan bertensi tinggi yang akan mereka jalani dalam lanjutan liga Jerman pada Sabtu (30/4) melawan Schalke 04 dengan penjaga gawangnya Manuel Neuer.

Neuer, 25, tengah gencar dilaporkan akan bergabung dengan raksasa Bundesliga itu musim depan. Apalagi, dia telah menolak perpanjangan kontrak yang disodorkan oleh tim Schalke yang merupakan finalis Liga Champions musim ini.

Sewaktu kedua tim bertemu di Piala Jerman pada awal Maret lalu di Alianz Arena Fans Bayern sempat menolak kemungkinan mendatangkan kiper tim lawan itu dengan membentangkan spanduk bertuliskan ‘Tidak Untuk Neuer!’

Para bos Bayern telah meminta para fans garis keras mereka untuk tidak mengulangi perbuatan yang mengolok-olok dan melempari pemain lawan sebagaimana yang sempat dialami Neuer ketika Schalke berhasil menang 1-0 bulan lalu.

“Kita mempunyai tradisi menghormati pemain lawan dan klub ini menyambut semua lawan dengan hangat dan sikap menghargai,” kata klub itu dalam sebuah pernyataan di laman resminya.

“Bersaing dan berjibaku di tengah lapangan adalah sesuatu yang normal, tetapi spirit klub kita menginginkan agar kita juga menunjukkan rasa hormat, penghargaan dan rasa sportivitas terhadap lawan,” lanjut pernyataan itu.

Klub itu juga mengumumkan bahwa mereka akan memasang jaring besar di belakang setiap gawang untuk melindungi para pemain jika ternyata ada suporter yang mencoba melempari pemain dengan benda-benda keras. (Ant/OL-11)






Source: media indonesia

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Muenchen Minta Suporter Hormati Neuer.


Malouda Mengeluh Soal Kontrak

Posted: 29 Apr 2011 07:00 PM PDT

95130 florent malouda rayakan gol 300 225 Malouda Mengeluh Soal Kontrak

VIVAnews – Florent Malouda sedang merasa tak nyaman. Ia ingin mengetahui secara pasti seperti apa masa depannya bersama Chelsea.

Malouda ingin kontraknya yang berakhir tahun 2013 segera diperpanjang. Namun pihak klub menegaskan kalau pembicaraan soal itu baru bisa dilakukan saat kontrak memasuki tahun terakhir.

Hal ini tak diinginkan Malouda. Ia ingin semuanya dipastikan segera.

“Saya hanya ingin merasa dibutuhkan oleh klub,” katanya kepada Daily Telegraph.

Malouda merasa kalau tak jelas benar apakah ia merupakan bagian vital dari The Blues atau tidak.

“Usia saya 30 tahun. Saya ingin menjadi Ryan Giggs-nya Chelsea. Saya ingin kontrak saya diperpanjang hingga 2014. Klub bilang kontrak ditinjau di tahun terakhir. Pertanyaannya apakah klub memang ingin saya di sini?”

Malouda bergabung di Chelsea sejak 2007. Ia merupakan pemain terakhir yang dibeli Jose Mourinho untuk The Blues. Musim ini ia masih memperlihatkan ketajamannya dengan 13 gol di Liga Inggris dari 34 pertandingan. Jauh lebih tajam presentasinya ketimbang Fernando Torres yang hanya punya satu gol dari 10 partai. (Goal) (eh)

Source: vivanews

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Malouda Mengeluh Soal Kontrak.


ATPM bersaing ketat di pasar SUV

Posted: 29 Apr 2011 07:00 PM PDT

1755537562p ATPM bersaing ketat di pasar SUV

JAKARTA. Infrastruktur jalan yang relatif jelek rupanya mendorong orang memilih mobil sport utility vehicle (SUV). Buktinya, jenis mobil yang sebenarnya dirancang untuk digunakan di medan off road tersebut banyak wira-wiri di jalan raya. Maka, produsen terus menggeber produk baru di segmen SUV ini.

Misalnya saja PT Toyota Astra Motor (TAM) yang akan merilis facelift Fortuner dalam waktu dekat. “Sebelum tsunami Jepang, kami sudah berniat melansir facelift Fortuner di kuartal dua atau tiga,” ujar Rouli Sijabat, Manajer Humas TAM kepada KONTAN, Jumat (29/4).

Rouli memandang, salah satu penyebab larisnya SUV ialah banyaknya kaum hawa yang kepincut segmen ini. “Dengan menggunakan SUV, perempuan lebih pede di jalan,” terang Rouli. Toh waktu peluncuran facelift Fortuner itu bisa berubah setelah ada bencana gempa di Jepang.

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) justru sudah merilis seri terbaru Pajero Sport Dakar. KTB membanderol lima seri SUV berbahan bakar disel yang baru saja dirilis itu pada harga Rp 361 juta hingga Rp 468 juta on the road di Jabodetabek.
“Kami melansir produk baru ini untuk menjawab animo yang tinggi di pasar SUV,” ujar Jerry Amran, Humas KTB. Hingga akhir tahun ini, KTB mengharapkan penjualan Pajero Sport bisa mencapai rata-rata 1.000 unit per bulan.

Tidak ingin kalah saing, PT General Motor Autoworld Indonesia (GMAI) pun ingin mempertahankan posisinya di segmen SUV melalui Captiva. “Pasar SUV prospektif. Ini bisa dilihat dari pasar SUV tahun 2010 yang mencapai 6,4% dari total pasar mobil,” tutur Debora Amelia Santoso,

Direktur Pemasaran dan Humas GMAI. Perusahaan ini menargetkan penjualan seluruh varian mencapai 6.000 unit, atau naik 33% dibanding 2010.
Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat, sepanjang kuartal I-2011, penjualan SUV mencapai 12.210 unit, naik 13,4% dibanding kuartal I-2010. Dari jumlah tersebut, Honda CR-V memimpin dengan penjualan 3.899 unit. Kemudian Toyota Fortuner terjual 2.882 unit, Mitsubishi Pajero Sport 2.659 unit, dan Chevrolet Captiva 589 unit.

Source: kontan online

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - ATPM bersaing ketat di pasar SUV.


Rayap Jadi Penyebab Kecelakaan KA

Posted: 29 Apr 2011 06:48 PM PDT

 Rayap Jadi Penyebab Kecelakaan KA
Biar kecil, tapi rayap ternyata sangat berbahaya. Di Taiwan, gara-gara rayap sebuah kereta mengalami kecelakaan saat melintas di kawasan wisata pegunungan Alishan, Rabu (28/4) lalu.

Demikian kesimpulan pakar kehutanan yang menyelidiki sebab kecelakaan tersebut, seperti dilansir boston.com, Jumat (29/4).

Wang Ya-nan, pakar kehutanan setempat menyatakan, rayap telah membuat lubang besar di batang pohon berusia 100 tahun. Akibatnya, pohon itu tumbang dan menimpa salah satu gerbong kereta yang lewat di kawasan pegunungan itu.

Menurut Wang, lubang di pohon itu memang tidak terlihat, lalu tumbang, dan menimpa salah satu gerbong. Namun karena kecepatan kereta tengah tinggi, timpaan pohon di satu gerbong menyebabkan kerusakan di gerbong lain.

Untungnya dalam Kecelakaan tersebut tidak ada korban jiwa, namun belasan orang harus dilarikan ke RS akibat terluka. (ans) 

Dibaca 7 X

source: berita8 news

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Rayap Jadi Penyebab Kecelakaan KA.


Baby Shower, Rayakan 7 Bulan Kehamilan ala Western!

Posted: 29 Apr 2011 06:48 PM PDT

Sabtu, 30 April 2011 – 08:20 wib

ySHOwATVV4 Baby Shower, Rayakan 7 Bulan Kehamilan ala Western!
Rayakan baby shower. (Foto: Getty Images)

A: Jeung, sudah mau tujuh bulan ya kehamilannya? Mau bikin acara nujuh bulanan di mana?
B: Duh, sekarang udah nggak zaman nujuh bulanan, Jeung! Saya rencananya mau bikin acara baby shower!
A: Hah? Apa tuh baby shower?

Ya, belakangan upacara nujuh bulanan mulai ditinggalkan oleh beberapa calon Mommy. Mereka lebih memilih mengadakan acara baby shower menyambut kehamilan yang menginjak bulan ke-7.

Awalnya Mom&Kiddie sempat bingung dengan maksud acara ini. ‘Shower’ kan artinya mandi, sedangkan ‘baby’ artinya bayi, apakah acara ini ada hubungannya dengan kegiatan mamandikan bayi? Tapi kan masih hamil!

“Sebenarnya acara baby shower ini sejenis perayaan nujuh bulanan di Indonesia. Tujuan kedua acara ini sebenarnya mirip, merayakan kehamilan ibu yang memasuki trimester ketiga dan bersiap menyambut kelahiran bayi. Bedanya, upacara nujuh bulanan lebih ditekankan pada kegiatan religius dan ritual adat, sedangkan baby shower nuansa pesta dan have fun-nya terasa lebih kental,” jelas Eko Meinarno, S.Psi, M.Si, staf pengajar fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

Sejenak kemudian, Eko yang mengambil gelar master di jurusan Antropologi UI ini kembali bertutur, “Sesuai namanya, baby shower adalah semacam pesta kecil untuk calon ibu dan bayi dimana setiap tamu datang membawa hadiah. Seolah-olah ibu dan si jabang bayi ‘bermandikan’ hadiah-hadiah yang diberikan oleh tamu yang datang. Biasanya acara ini dirancang oleh orang-orang terdekat BuMil, yaitu keluarga dan para sahabat.”

Mengapa Harus Tujuh Bulan?

“Secara medis, berkaitan dengan perkembangan bayi di dalam rahim. Segala persiapan seperti baju dan isi kamar bayi baru boleh dilakukan setelah usia kandungan menginjak 7 bulan atau memasuki trimester ketiga karena risiko kehilangan janin tergolong kecil,” jelas dr. Surahman Hakim, SpOG(K), dari RSUPN Cipto Mangunkusumo.

Selain itu, Pada bulan ke-7, pendengaran bayi mulai optimal sehingga dapat menanggapi rangsangan seperti suara, rasa sakit dan cahaya. Bayi mulai sering berubah posisi yang dirasakan juga oleh ibu. Pada akhir bulan ke-7, lemak mulai disimpan pada tubuh bayi. Saat ini bayi bisa memiliki panjang berkisar 36 cm dan berat berkisar 1 – 1,8 kilogram, otak bayi pun berkembang pesat pada usia ini dan ia sudah dapat melihat serta mendengar. Hampir sebagian besar sistem internal tubuh bayi sudah berkembang dengan baik, kecuali paru-paru yang belum berkembang optimal.

Asal-Usul Baby Shower

Menurut Eko, ada beberapa versi yang mengidentifikasi cikal-bakal baby shower. “Versi pertama, baby shower ditemukan masyarakat Romawi Kuno. Masa itu, perayaan khusus dibuat untuk calon ibu yang sebentar lagi akan melahirkan bayi. Hadiahnya berupa barang-barang handmade yang dibuat keluarga dan kerabat, seperti keranjang bayi dari akar-akar pohon atau kayu dan selimut bayi dari kain perca. Ada pula sumber yang mengatakan baby shower populer di era baby boom di Amerika Serikat, saat berakhirnya Perang Dunia II. Awalnya dilakukan pasangan muda demi menunjukkan dukungan kepada rekan dan keluarganya yang akan menjadi orangtua dengan cara membuatkan pesta dan membawakan berbagai hadiah untuk meringankan beban finansial calon orangtua,” ulas Eko panjang lebar.

Sedangkan versi lainnya mengatakan tradisi baby shower dimulai pada abad ke-18 di Jerman. Dilakukan dalam rangka menyambut kehadiran anak pertama. Awalnya acara ini hanya berupa pesta minum teh yang dihadiri wanita saja. Mereka yang sudah memiliki anak akan memberi wejangan untuk calon ibu. Namun seiring berjalannya waktu, tamu yang hadir dalam baby shower kini bisa laki-laki atau perempuan.

Tugas Bumil: Cukup Menikmati Surprise

Berbeda dengan acara nujuh bulanan yang diselenggarakan calon Mommy and Daddy sekeluarga, baby shower justru diadakan para sahabat. “Kalau calon orangtua atau pihak keluarga yang mengadakan justru dianggap kurang pantas, karena kesannya mengharapkan hadiah. Pokoknya BuMil tahu beres deh, tinggal menikmati surprise yang dirancang oleh sahabat-sahabat terdekatnya,” kata Eko.

Bagaimana susunan acaranya? Biasanya acara dimulai dengan berbincang-bincang dengan para undangan dan dilanjutkan menyantap hidangan. Kemudian pemandu acara akan memulai permainan seru bagi undangan. Siapapun yang berhasil menang akan diberi hadiah.

Bukan baby shower namanya jika tak ada kado. Mengikuti trend dan gaya baby shower ala Amerika Serikat, saat ini makin banyak pasangan yang meminta kepada tamu-tamunya untuk mematuhi daftar kado yang telah dibuat dengan bekerjasama butik keperluan bayi tertentu, agar lebih efisien dan tepat guna. “Bukan hanya kado dari para sahabat yang membuat hati BuMil happy, momen membuka kado di tengah-tengah acara, juga menjadi bagian baby shower yang seru!” tandas Eko. (Sumber: Tabloid Mom/Kiddie)

(//nsa)

Source: okezone – lifestyle

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Baby Shower, Rayakan 7 Bulan Kehamilan ala Western!.


Toyota Kijang Raih Top Brand Premium Award 2011

Posted: 29 Apr 2011 06:48 PM PDT

09bd388b75d251bdcb00a6f140ab4ed5 Toyota Kijang Raih Top Brand Premium Award 2011

Toyota Kijang Raih Top Brand Premium Award 2011 (Dok. TAM)

TEMPO Interaktif, Jakarta – Pekan ini menjadi pekan penghargaan bagi PT Toyota Astra Motor (TAM). Setelah menjadi merek paling favorit anak muda dan Toyota Yaris sebagai hatchback pilihan perempuan, kini giliran Toyota Kijang yang mendapat penghargaan. Toyota Kijang mendapatkan penghargaan Top Brand Platinum Award 2011.

Top Brand Platinum Award merupakan anugerah tertinggi bagi sebuah merek yang telah menduduki posisi puncak selama minimal 8 tahun. Penetapan Kijang ini berdasarkan hasil riset nasional Frontier Consulting Group di enam kota besar yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan dan Makasar dengan melibatkan 3.600 responden.

Riset ini dilakukan selama 11 tahun dengan metodologi wawancara langsung (face to face interview) dengan menggunakan kuesioner sebagai instrument pengumpulan data. Pemenang Top Brand Platinum dipilih berdasarkan hasil survey yang melibatkan tiga komponen/criteria; Mindshare – berdasarkan ‘top of mind’, Market share – berdasarkan ‘last usage’ dan Commitment share – berdasarkan ‘future intention’.

Penghargaan ini hanya diberikan kepada merek dengan alasan membangun merek di tengah-tengah situasi pasar yang dinamis sangat sulit. Kemampuan sebuah merek mampu bertahan 8-12 tahun dinilai sebagau prestasi yang luar biasa.

"Kami akan terus berusaha akan terus bermotivasi memenuhi apa yang menjadi kebutuhan dan harapan konsumen terhadap produk kami," kata Johnny Darmawan Presiden Direktur PT. Toyota -Astra Motor dalam keterangan persnya.

Sukses Toyota Kijang merupakan refleksi kiprah 40 tahun Toyota di Indonesia. Model ini pertama kali diluncurkan tahun 1977 dan hingga ini dinilai sesuai dengan karakteristik masyarakat Indonesia.

Sebelumnya, Toyota Kijang Innova juga meraih sederet penghargaan seperti Autobild Award 2010, Otomotif Award 2009 & 2010, Autocar Award 2009. Sedangkan Toyota Avanza juga meraih Top Gear Award 2008, Otomotif Award 2009 & 2010, Autocar Award 2009, dan menjadi pilihan utama para komunitas di Brand Choice Award by Community 2010. 

RAJU FEBRIAN

Source: tempo

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Toyota Kijang Raih Top Brand Premium Award 2011.


Tren Investasi Indonesia Tunjukkan Peningkatan

Posted: 29 Apr 2011 06:48 PM PDT

30 April 2011 08:38 WIB

20110430 123517 gita2 Tren Investasi Indonesia Tunjukkan Peningkatan

Foto : Kepala BKPM Gita Wirjawan—MI/Usman Iskandar/ip

PADANG: Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Gita Wirjawan mengatakan tren investasi Indonesia dua tahun terakhir menujukan peningkatan cukup baik, dilihat dari realisasi yang mengalami kenaikan sekitar 60 persen.

Pada 2009 realisasi investasi secara nasional tercatat Rp133 triliun dan tahun lalu menjadi Rp208 triliun lebih, atau naik sekitar 60 persen, kata Kepala BKPM RI, di Padang, Sumatra Barat, Jumat (29/4).

Kepala BKPM menyampaikan hal ini, dalam Forum Investasi Sumatra Barat, Melalui Percepatan Penyelenggaraan PTSP Kita Tingkatkan Pelayanan Penanaman Modal di Sumbar.

Gita saat kunjungan ke Sumbar, meresmikan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di BKPMD provinsi Sumbar, memberikan kuliah umum di Universitas Andalas (Unand), serta mengukuhan Forum Investasi Sumbar. Dalam pertemuan Forum Investasi Sumbar, hadir Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, kalangan pengusaha, kepala daerah serta jajaran instansi terkait dari kabupaten/kota.

Peningkatan itu, kata Gita, juga terlihat pada triwulan pertama 2011 dengan realisasi investasi secara nasional sudah mencapai sekitar 33 persen atau menunjukan peningkatan dari periode yang sama tahun lalu sebesar 18 persen.

Menurut dia, dibutuhkan kerja sama daerah dalam upaya mendatang investasi dengan mengoptimal program promosi bersama dan pembenahan sistem pelayanan perizinan elektroni pada Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). “Melalui PTSP yang telah diterapkan, seperti di Jakarta, pelayanan proses perizinan sudah bisa selesai dalam lima jam. Jika, sebelumnya ada yang sama satu bulan,” katanya.

Dalam pertemuan itu, juga dibuka dialog dengan para pengusaha yang hadir dan terungkap kendala dan keluhan soal keamanan, proses perizinan yang masih lambat di daerah. Dalam dialog itu terungkap bahwa di daerah proses perizinan melalui

PTSP atau nama lain belum sesuai dengan harapan.

Hal itu karena masih adanya instansi-instansi di daerah belum terintegrasi, sehingga menyulitkan dalam proses pengurusan perizinan. Selain itu, sistem yang dibangun belum berjalan maksimal sesuai dengan kemampuan SDM yang mengoperasian atau pengurusan perizinan investasi.

Menurut Kepala BKPM, masalah dalam pelayanan mungkin saja masih belum memuaskan, tetapi pembenahan sistem telah dilakukan, sehingga harapan pengusaha pelayanan cepat bisa terlaksana. “Kalau soal keamanan berinvestasi di Indonesia sudah masuk baik dalam penilain sejumlah lembaga internasional dibandingkan dengan sejumlah negara lain, seperti India,” kata Gita. (Ant/OL-2)

Source: media indonesia

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Tren Investasi Indonesia Tunjukkan Peningkatan.