ArsipBerita.com - update next 9

ArsipBerita.com - update next 9

Link to Arsip Berita Indonesia - Indonesian News Archives

Komnas HAM Telusuri Bentrok di Mesuji

Posted: 26 Apr 2011 07:14 PM PDT

yosep adi prasetyo Komnas HAM Telusuri Bentrok di Mesuji

Informasi yang diperoleh ANTARA, Rabu, menyebutkan Wakil Ketua Komnas HAM Nur Kholis telah berkujung ke lokasi kejadian di Desa Sungai Sodong untuk bertemu wagra, Pemkab Ogan Komering Ilir, dan jajaran Muspida pada 26 April 2011.

Kemudian dijadwalkan bertemu Kapolda Sumsel Irjen Pol Hasyim Irianto, dan pimpinan PT SWA di Palembang, Rabu 27 April 2011.

Selain bertemu dan mendengarkan paparan Bupati OKI Ishak Mekki, Nur Kholis beserta staf Komnas HAM juga telah bertemu dengan Kapolres OKI AKBP Agus F, dan Dandim 0402 OKI Letkol Inf H Yan Namora.

Pemkab OKI dan sejumlah pihak menindaklanjuti kasus bentrokan warga Sungai Sodong dengan perusahaan perkebunan kelapa sawit PT Sumber Wangi Alam (SWA) yang mengakibatkan dua warga dan lima anggota Satpam PT SWA tewas itu, dengan membentuk tim pencari fakta.

Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Palembang mendampingi warga Desa Sodong, dan Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Sumsel akan menerjunkan anggotanya untuk mendalami kasus tersebut di lapangan.

Komnas HAM menyatakan perlu memberi perhatian serius terhadap tragedi Sungai Sodong itu, serta mengumpulkan informasi dari korban maupun aparat, sehingga mendapatkan fakta yang sebenarnya.

Tujuh korban tewas.
Dalam bentrokan itu tujuh warga tewas. Warga membakar fasilitas perusahaan, setelah mengetahui adanya warga yang tewas dalam kejadian tersebut.

Sejumlah warga tewas, diduga menjadi korban tindak kekerasan yang dilakukan oknum petugas keamanan perusahaan perkebunan PT SWA.

Menurut Komisioner yang juga Wakil Ketua Komnas HAM Nur Kholis, pihaknya belum berani membuat kesimpulan atas kejadian tersebut.

Pihaknya baru mendengarkan laporan dari jajaran pemerintah kabupaten dan perwakilan desa, termasuk mendengarkan paparan tentang upaya Pemkab OKI untuk melakukan penyelesaian kasus sengketa lahan antara warga dan perusahaan perkebunan itu, dengan pemerintah melalui mediasi.

Namun, ia menilai jika pemerintah membiarkan kejadian yang menyebabkan jatuhnya tujuh korban jiwa itu, maka pemerintah harus bertanggungjawab.

Sebelumnya, Bupati OKI Ishak Mekki memberikan penjelasan kepada Komnas HAM mengenai kejadian itu.

Menurut Ishak, pemerintah kabupaten sebelum terjadi peristiwa tersebut telah melakukan mediasi antara warga dengan perusahaan, dan juga bersama pemerintah, baik tingkat desa, kecamatan, bahkan DPRD ikut serta.

Karena masalahnya tak kunjung selesai, pemerintah menurut bupati kemudian mempersilakan kedua pihak menempuh jalur hukum.

Bupati berharap saat ini bukan untuk mencari siapa salah dan siapa benar, tetapi bagaimana solusinya agar bisa memulihkan situasi serta menciptakan kondisi yang aman.
(B014/M008)

Editor: Aditia Maruli
COPYRIGHT © 2011

Source: AntaraNews.com – Peristiwa

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Komnas HAM Telusuri Bentrok di Mesuji.


Keuntungan perusahaan lahirkan optimisme di bursa Eropa

Posted: 26 Apr 2011 07:11 PM PDT

1055312 Keuntungan perusahaan lahirkan optimisme di bursa Eropa

LONDON: Harga saham-saham di Eropa meningkat hingga hari keempat berbarengan dengan keuntungan perusahaan yang melebihi perkiraan analis. Gejala ini tidak terpengaruh oleh kebijakan China yang memperketat pengawasan arus modal yang difokuskan terhadap bank-bank besar.

UBS naik tertinggi dalam lebih dari 2 minggu saat bank Swiss terbesar itu menghimpun dana baru dari nasabah kaya sejak akhir 2007. Parmalat SpA naik 11% setelah Groupe Lactalis mengatakan akan membeli sisa saham dari perusahaan pengolahan susu terbesar di Italia. Saham emiten yang berbasis sumber daya alam naik setelah harga komoditas naik untuk hari keempat.

Indeks Stoxx Europe 600 naik 0,3% menjadi 281,23 pada pukul 4:30 sore pada penutupan perdagangan di London saat lebih dari dua saham naik untuk setiap satu saham yang turun. Indeks patokan tersebut naik 1% pekan lalu setelah keuntungan perusahaan mulai dari Intel Corp hingga PSA Peugeot Citroen menebarkan spekulasi bahwa pemulihan ekonomi sudah pada jalurnya. Indeks itu telah naik 7,3% dari level terendah tahun ini pada 16 Maret.

“Ada dasar untuk optimistis saat keuntungan bank naik,” kata James Ferguson, head of strategy di Arbuthnot Securities Ltd di London, dalam wawancara dengan Bloomberg Television. “Investor harus yakin dengan operasi perdagangan bank yang dapat saja sangat baik atau sangat buruk. Hal yang paling menjanjikan ke depan adalah merger dan akuisi. Ada banyak neraca keuangan perusahaan yang kaya.”

Sebanyak 13 anggota indeks bank Stoxx 600 melaporkan keuntungan pekan ini, berdasarkan data Bloomberg, termasuk Credit Suisse Group AG dan Barclays Plc yang akan menyampaikan laporan keuangan besok dan Deutsche Bank AG pada 28 April. (msw)

Source: bisnis online

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Keuntungan perusahaan lahirkan optimisme di bursa Eropa.


Straits Times menguat 22,42 ke 3.194,25

Posted: 26 Apr 2011 07:11 PM PDT

bursa%2520singapura Straits Times menguat 22,42 ke 3.194,25

HONG KONG: Indeks saham Straits Times acuan Singapura menguat 0,71% pada pukul 9:05 a.m.

Index yang ditopang oleh saham 30 perusahaan yang diperdagangkan di Singapore Exchange Ltd itu naik 22,42 poin ke 3.194,25.

Di antara sejumlah saham yang tergabung dalam indeks, sebanyak 28 menguat dan dua tertekan.

Penguatan pada indeks Straits Times itu dimotori oleh Jardine Matheson, Keppel Corp dan Oversea-chinese Banking. Sekitar 98,35 juta saham berpindah tangan di Singapura.

Genting Singapore Plc, yang naik 1 sen menjadi Sin$2,25, merupakan saham teraktif dari segi nilai di Singapura.

Saham teraktif berikutnya adalah Keppel Corp Ltd, yang menguat 20 sen ke Sin$11,94, dan Singapore Telecommunications Ltd, yang naik 2 sen ke Sin$3,16.(er)

Source: bisnis online

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Straits Times menguat 22,42 ke 3.194,25.


Harga emas dan perak terkoreksi tajam

Posted: 26 Apr 2011 07:11 PM PDT

gold232 Harga emas dan perak terkoreksi tajam

LONDON: Harga emas dan perak jenis future terkoreksi untuk pertama kalinya dalam dua pekan menyusul aksi jual para investor terhadap logam berharga tinggi tersebut yang cukup aktif.

Kemarin, harga emas naik ke rekor terbaru di posisi US$1.519,20 per ounce, dan perak mendekati US$50 per ounce, melanjutkan level tertinggi dalam 31 tahun terakhir. Hari ini, perak justru anjlok ke posisi terendah dalam lima pekan setelah sempat naik 18% sejak 12 April.

“Berikan langkah dan skala laba pada emas dan perak dalam pekan ini, biasanya akan ada peringatan berupa koreksi yang dalam dalam sesi berikutnya,” papar James Moore, analis di TheBullionDesk.com di London.

Harga emas jenis future untuk pengiriman bulan Juni turun 0,4% atau US$5,60, ke posisi US$1.503,50 pada pukul 1:45 di papan transaksi Comex, New York. Harga tersebut naik 3,8% dibandingkan delapan sesi sebelumnya, atau merangkak 30% dibandingkan posisi tahun lalu.

Harga perak jenis future untuk pengiriman bulan Juli terkoreksi cukup dalam US$2,094 atau 4,4%, ke level US$45,079, merupakan penurunan tertinggi sejak 15 Maret. Kemarin, harga perak berada pada kisarn US$49,845, harga tertinggi sejak Januari 1980.

Harga logam termahal itu menunjukkan kinerja terendah di tengah rencanan pengetatan kebijakan moneter AS dan India, yakni mendorong suku bunga.

Gubernur Federal Reserve Ben S. Bernanke menunda keterangan pers setelah pernyataan kebijakannya besok menyusul pertemuan petinggi bank sentral dua hari di Washington. (dj)

Source: bisnis online

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Harga emas dan perak terkoreksi tajam.


Burgess Butuh 1,5 Bulan Lagi Agar GP11 Lebih User Friendly

Posted: 26 Apr 2011 07:11 PM PDT

20110426MbahBurgessButuh1Bulan Burgess Butuh 1,5  Bulan Lagi Agar GP11 Lebih User Friendly

Salah satu tugas Jeremy Burgess yang diembankan Ducati kepadanya adalah membuat motor Ducati lebih user friendly alias bisa digunakan oleh semua pembalap, tidak terkecuali pembalap yang baru naik kelas. Pasalnya motor Ducati sudah terbukti bisa meraih titel juara dunia, sayangnya hanya Casey Stoner yang sepertinya yang bisa membawanya jadi juara dunia sejak era 800 cc dipakai MotoGP.

Tanggapan yang cukup gamblang pun langsung diutarakan oleh Burgess tentang tantangan tim Ducati tersebut. Menurut Burgess, timnya butuh waktu setidaknya 1 setengah bulan lagi untuk membuat motor ini lebih nyaman dikendarai seiring dengan semakin membaiknya kesehatan Valentino Rossi.

Kami akan membuat motor Ducati bisa digunakan oleh semua pembalap, seperti yang kami lakukan saat bergabung bersama Yamaha. Pembalap yang tidak memiliki pengalaman yang banyak dengan motor Ducati, harusnya lebih mudah beradaptasi dengan motor ini nantinya. Tapi kami masih membutuhkan waktu, yah setidaknya 1 setengah bulan lagi, tukas pria baya asal Australia itu.

Selain itu Burgess juga menegaskan bahwa saat ini pekerjaannya sangat menumpuk. Mereka harus tetap fokus mencari setting terbaik motor GP11, sembari mengembangkan prototipe motor Ducati GP12 yang sudah melalui pengetesan pertama oleh duo pembalap Ducati.

Tahun ini adalah tahun terakhir kami akan menggunakan mesin dengan kapasitas 800 cc, meski demikian kami harus tetap fokus mencari setting terbaiknya. Di saat yang sama kami juga harus tetap mengambangkan GP12, pungkas Burgess. (otosport.co.id)

Penulis : Uda | Teks Editor : bim | Foto : Ducati Motor Holding S.p.A

Source: OtomotifNet

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Burgess Butuh 1,5 Bulan Lagi Agar GP11 Lebih User Friendly.


Wuih, Ada Honda Grand Max?

Posted: 26 Apr 2011 07:11 PM PDT

HONDA GRAND MAX Wuih, Ada Honda Grand Max?

Jepang – Meski banyak yang menganggap miring terhadap tampang dari Daihatsu Grand Max, namun tetap saja mobil ini menjadi salah satu pilihan efektif untuk mengangkut keluarga dan barang bawaan.

Tak heran, banyak pabrikan juga memproduksi mobil berjenis van kotak seperti ini. Tak hanya Daihatsu, Honda yang terkenal dengan elegansi produk pun punya mobil yang mirip Grand Max.

Namanya Honda Acty Van. Memang, kalau sekilas melihat tampangnya, tak berbeda dengan Grand Max ya? Namun, beberapa detail dan emblem Honda menjadi penegas kalau van kotak ini punya Honda.

Hal yang menarik lainnya, Honda Acty Van ini dijamin bakal lebih irit BBM daripada Daihatsu Grand Max. Soalnya, Honda hanya membekali Acty Van dengan mesin berkapasitas 660 cc, yang dipadukan dengan transmisi otomatis.

Hebatnya, Honda menawarkan Acty Van dengan sistem penggerak roda 2WD dan 4WD, juga konfigurasi stir kanan maupun kiri. Jadi, sebenarnya bisa masuk ke Indonesia juga nih. (mobil.otomotifnet.com)

Penulis : Bagja | Teks Editor : Bagja | Foto : Honda

Source: OtomotifNet

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Wuih, Ada Honda Grand Max?.


Widi Tak Kembali dari Kondangan

Posted: 26 Apr 2011 07:08 PM PDT

 Widi Tak Kembali dari Kondangan KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO Massa yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Orang Hilang (IKOHI) serta Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) menggelar unjuk rasa di depan Istana Negara, Jakarta, Senin (27/9/2010). Mereka menginap di depan Istana Negara dengan mendirikan tenda dan menuntut penyelesaian sejumlah kasus pelanggaran HAM.

JAKARTA, KOMPAS.com – Seorang perempuan bernama Nengwin Widhianty (23) pergi dari rumah sejak 10 April 2011. Nengwin yang semula pamit untuk kondangan ke daerah Ciracas tidak kembali hingga hari ini.

Widi—panggilan Nengwin Widhianty—memiliki tinggi badan sekitar 160 sentimeter, berkulit sawo matang, dan rambut ikal sebahu. Saat meninggalkan rumah, dia mengenakan baju dan jilbab berwarna biru.

Kakak angkat Widi, Bayu Meliawan, Selasa (26/4/2011), mengatakan, adiknya tersebut sempat mengirim sebuah pesan singkat (SMS) ke Wulan Damayanti, kakak Widi, pada 11 April sekitar pukul 00.00.

”Lewat pesan singkat itu, dia mengatakan sudah berada di Kalimantan dan bekerja sebagai pelayan restoran. Widi juga enggan pulang bila belum sukses,” kata Bayu saat dihubungi lewat telepon.

Setelah pesan singkat itu, tidak ada lagi kabar dari perempuan lulusan SMK itu. Nomor telepon seluler yang digunakan untuk mengirimkan pesan singkat tersebut sempat dihubungi keluarga, tetapi tidak dihiraukan. Pihak keluarga lantas melaporkan kepergian Widi ke Polsek Cempaka Putih pada 12 April.

Belum pasti penculikan

Kepala Polsek Cempaka Putih Komisaris Djoko Dwi Haryanto mengatakan, kepergian orang dari rumah belum tentu berarti penculikan. ”Kalau orang itu korban penculikan, perlu ada petunjuk awal, semisal ada orang yang mengenal korban dan mengajak korban pergi,” kata Djoko.

Di wilayah Cempaka Putih ada sekitar tiga laporan orang dewasa yang pergi dari rumah dalam kurun 11 bulan terakhir.

Keluarga juga sempat membongkar kamar Widi untuk mencari petunjuk atas kepergian perempuan lajang ini. ”Kami menemukan sejumlah surat yang belum sempat dikirimkan Widi ke seorang laki-laki bernama Bayu Nurohman. Isi suratnya antara lain pertanyaan atas keseriusan hubungan mereka,” kata Bayu Meliawan.

Keluarga lantas melacak alamat surat itu sekitar empat hari silam. Alamat tersebut merujuk pada sebuah perusahaan mebel di Bandung. Saat dikonfirmasi, pihak perusahaan mengatakan, Bayu sudah tidak bekerja lagi dan pergi begitu saja.

Beberapa tahun terakhir Widi menganggur setelah sebelumnya bekerja sebagai tenaga pemasar di sebuah perusahaan elektronik. (ART)

 Widi Tak Kembali dari Kondangan
Sent Using Telkomsel Mobile Internet Service powered by

 Widi Tak Kembali dari Kondangan

Sumber :
Kompas Cetak

Source: kompas megapolitan

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Widi Tak Kembali dari Kondangan.


Deltras Janjikan Pelunasan Gaji Mustaqim

Posted: 26 Apr 2011 07:08 PM PDT

 Deltras Janjikan Pelunasan Gaji Mustaqim

Rabu, 27 April 2011 08:50 WIB

SIDOARJO: Manajemen Deltras Sidoarjo berjanji akan melunasi gaji pelatih Mustaqim yang diberhentikan secara mendadak beberapa hari lalu.

Penanggung Jawab Deltras Vigit Waluyo di Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (26/4) mengatakan pihaknya tetap berkomitmen untuk menyelesaikan hak-hak Mustaqim selama menangani tim di kompetisi Liga Super Indonesia.

“Saya tidak mau berkomentar soal dia (Mustaqim), tapi semua haknya pasti saya lunasi karena itu sudah menjadi komitmen saya sejak awal,” kata Vigit.

Baik Vigit Waluyo maupun manajemen Deltras tidak bersedia memberikanketerangan resmi soal alasan pemecatan Mustaqim dari kursi pelatih. Sepeninggal Mustaqim, kendali tim Deltras yang sedang dililit masalah keuangan, kini ditangani asisten pelatih Nus Yadera.

Tim berjuluk the Lobster itu masih menyisakan delapan laga di kompetisi LSI dan pertandingan terdekat yang akan dijalani adalah menghadapi tuan rumah Persiba Balikpapan pada 30 April 2011.

Awalnya, keberangkatan Danilo Fernando dan kawan-kawan ke Balikpapan dikabarkan batal, karena pemain sempat melakukan mogok latihan dan bertanding akibat gaji yang belum dibayar. Selain itu, manajemen Deltras juga kesulitan mendapatkan dana talangan untuk membiayai keberangkatan pemain dan ofisial tim.

“Dana untuk berangkat ke Balikpapan sedang diupayakan. Kemungkinan besar yang berangkat pemain dan pelatih, tapi ofisial,” kata Vigit.

Sementara itu, seluruh pemain Deltras yang sempat melakukan aksi mogok, sudah kembali berlatih dan menjalani laga uji coba melawan tim Sidoarjo Selection, untuk persiapan laga melawan Persiba.

Asisten Pelatih Deltras Nus Yadera mengatakan, permainan timnya masih belum maksimal, akibat menurunnya kondisi fisik pemain setelah beberapa hari mogok latihan. “Kondisi fisik pemain banyak yang menurun, tapi mudah-mudahan saat menghadapi Persiba bisa lebih baik,” katanya. (Ant/OL-2)

Source: media indonesia

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Deltras Janjikan Pelunasan Gaji Mustaqim.


Two deputy attorney generals to be installed today

Posted: 26 Apr 2011 07:03 PM PDT

 Two deputy attorney generals to be installed today

Attorney General Basrief Arief will install two deputies later on Wednesday.

Andi Nirwanto will replace M Amari as the deputy attorney general for special crime and ST Burhanuddin will take the post of Kamal Sofyan as the deputy attorney general for civic and state administration.

Tribunnews.com reported the induction will be held at the Attorney General Office’s Sasana Pradana room at 10 a.m.

Amari and Kamal will hold news posts as the attorney general expert staffs.

Source: the jakarta post

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Two deputy attorney generals to be installed today.


‘Doa’ Raul Gonzales untuk MU di Old Trafford

Posted: 26 Apr 2011 07:01 PM PDT

109766 raul gonzalez di schalke 300 225 Doa Raul Gonzales untuk MU di Old Trafford

Schalke 04 untuk kedua kalinya tumbang juga di Liga Champions. Lawan terakhir yang membuat Raul Gonzalez cs keok adalah Manchester United.

Schalke kalah 0-2 di leg pertama semifinal, Selasa 26 April 2011 (Rabu dini hari WIB) di Veltins-Arena, Gelsenkirchen, Jerman. Dua gol MU dicetak Ryan Giggs dan Wayne Rooney.

Hasil ini membuat peluang MU untuk melaju ke babak selanjutnya terbuka lebar. Sebab, di leg kedua yang akan digelar di Old Trafford, MU hanya butuh hasil imbang 0-0 untuk melaju ke babak final.

Meski demikian, Raul sebagai striker Schalke menolak menyerah. Menurut mantan pemain Real Madrid itu ada beberapa kejadian dalam sepakbola yang bisa mengubah keadaan.

“Di leg tandang, semuanya mungkin, kita tidak tahu apa yang terjadi. Penalti untuk kami, atau ada pemain mereka [MU] yang dikeluarkan. Tak ada yang mustahil di sepakbola,” kata Raul selepas pertandingan.

Schalke tadinya diprediksi bisa mengimbangi permainan Setan Merah –julukan MU. Sebab, klub asuhan Ralf Rangnick ini tiba-tiba menjadi kuda hitam dengan hanya menderita satu kekalahan dari babak penyisihan hingga fase perempat final.

Schalke juga yang menyingkirkan juara bertahan Inter Milan di babak perempat final dengan agregat membanggakan, 7-3. Pasukan Rangnick ini bahkan bisa mencuri kemenangan besar 5-2 di kandang Inter, San Siro.

“Bisa mencapai semifinal sudah memberi kebanggaan buat para penggemar klub ini. Kami sudah mencoba segalanya, para fans tahu ini. Dan kami disambut hangat sesudah pertandingan,” kata Raul lagi.

Source: vivanews

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - ‘Doa’ Raul Gonzales untuk MU di Old Trafford.