TerGapteK.CoM

TerGapteK.CoM


Hasil Teknikal Meeting Lomba Blog Bazar Komputer Banjarmasin 2011 (Lomba Blog Atau Lomba Menulis ?)

Posted: 27 Feb 2011 08:21 PM PST

6 Point Hasil Technical Meeting Lomba Blog Bazar Komputer
Banjarmasin 2011

Beberapa hari lalu Blogger gaptek menginformasikan kalau ada lomba blog di Banjarmasin yang akan dimulai bulan maret besok Lomba / Kompetisi Blog Terbaru Di Banjarmasin Maret 2011

Banua Bazar Komputer Banjarmasin 2011


Kemaren tepatnya 27 Februari 2011 kami para peserta dikumpulkan untuk melakukan technical meeting seputar lomba blog dan lomba point blank di gedung Telkom Banjarmasin. Sehari sebelumnya semua peserta dikirimin sms yang mengabarkan TM (Technical Meeting)  ini dan dikatakan kalau acara dimulai pada jam 9 pagi, diharapkan hadir 15 menit sebelum acara dimulai.

Pagi itu aku hadir bersama 2 teman sekampusku :
imam - Mrsimpel.blogspot.com  dan 
Azwar - Al-anas.blogspot.com hati2 dengan blognya! wkwkwk) yang sama-sama blogger

O iya sedikit menginfokan kembali aku mempunya target menjadikan kelasku sebagai  Kelas / Jurusan Dengan Jumlah Blogger Terbanyak Di Indonesia (Ti Iain Antasari Banjarmasin 2008

 Karena di informasikan agar kami hadir 15 menit sebelum acara dimulai maka sejak kemaren-kemaren aku sudah mewanti-wanti kepada teman-teman agar besoknya kumpulnya pagi-pagi dirumahku. Namun ternyata bahkan kawanku hampir saja kepagian banget datangnya karena ada kesalahan pada waktu yang ada di tempatnya (Jamnya lebih cepat sejam daripada waktu sebenarnya wkwkwk)

Pukul 08.30 lebih-lebih dikit lah , he
Kami berangkat setelah sebelumnya ngumpul sebentar di rumahnya Imam. Sebenarnya rencananya akan ada lebih dari 3 blogger yang ikutan ke technical meeting tapi karena ada yang 'melandau' kesiangan bangun dan ada yang sibuk katanya, jadi hanya kami bertiga saja yang berangkat.

Di perjalan ada sedikit hal yang menarik juga, karena jujur aku belum tahu jalan tempat technical meetingnya ada dimana jadi waktu itu aku asal jalan saja dan temanku ber 2 ngikutin aja dengan santaynya wkwkwkw.

Tanpa disangka ditengah perjalanan aku ada melihat 2 sosok gadis-gadis yang memakai baju bertulisan 'Frame Ritz' (frame ritz itu Eonya lomba kali ini).
Llalu aku iseng aja ikutin mereka karena mungkin saja mereka itu adalah Anggota Eo acara Tm ini. he
Aku dengan yakinnya membuntuti mereka dibelakang kawanku pun dengan yakin membuyntuti aku dibelakang. Padahal kalau yang aku ikutin itu ternyata tujuaannya kelain, terpaksa kami putar balik. wkwkwkw

Untung saja ternyata 2 gadis Cantikdan manis yang aku ikuti itu memang setujuan dengan kami jadi akhirnya kami sampai Tm dengan lancar wkwk.

Di lokasi, aku sempat bingung juga ternyata gak ada orangnya masih sepi yang ada hanya parkiran kendaraan aja. Sempat modar mandir gak jelas di depan gedung akhirnya kami menuju ke tempat technical meeting yang berada di lantai 2. Ternyata di sana sudah banyak umat umatnya yang berkumpul. he

Selang beberapa waktu kemudian acara technical dimulai, dibuka dengan sapaan penyelenggara dan pertama kali ngebahas soal lomba Pb (Point Black)
pada saat ngebahas soal Pb ini aku gak begitu memperhatikan . Tanpa diduga ternyata cukup lama juga ngebahas pb ini. ditengah-tengah acara aku dan teman keluar dulu karena cuaca didalam begitu hot. he

sekitar pukul 11.00 wita Technical meeting untuk lomba blog dimulai.
Penyampaian penyampaian peraturan untuk lomba pun diberikan. 
Lalu ada salah seorang blogger yang mengajukan pertanyaan tentang kondisi yang mengharuskan peserta lomba mendaftarkan dengan blog baru bukan blog lama! dalam pertanyaan tersebut ada sedikit insiden kecil yang membuat salah satu pihak tersinggung merasa kecewa, jujur akupun kalau berada di posisi seperti beliau yang lokasinya jauh tentu akan tersinggung.

Akupun sempat mengajukan sedikit pertanyaan, salah satunya ialah aku menanyakan "apakah trafik blog juga dihitung dalam proses penilaian?"
Karena menurutku kalau dihitung dengan waktu yang kurang dari seminggu itu kita tidak bisa berharaf sebuah blog  dengan waktu singkat bisa langsung ada pembacanya, beda hal kalau kita melombakan blog lama, he

Di technical meeting ini ada beberapa point berubahan dan aku akan mencoba menyimpulkannya :

1. Peserta harus membuat Id blog baru dan disepakati menggunakan Cms milik blogspot saja agar adil dalam masalah penilaain tampilan karena kalau menggunakan cms lain tidak sebebas menggunakan blogspot untuk kostumisasi.

2. Tema tulisan yang akan dilombakan diprioritaskan dengan tema perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (ITC), padahal sebelumnya


3. Trafik tidak dihitung dalam penilaian.

4. Yang diutamakan dalam penilaian ialah kontent , sedangkan tampilan hanya sedikit memberi tambahan dalam penilaian keseluruhan.


penilaian = 
Penilaian :
a. Desain blog
b. Fungsionalitas dari blog.
c. Isi posting.
d.Template
e.Fungsi Widget  

30% dari konten/isi, 
30% dari widget, 
15% kesesuaian dengan tema, dan 
25% dari seni mendesain blog.

5. Jumlah Konten postingan tidak ditentukan jadi terserah saja mau posting berapapapun asal jangan Kosong aja postingannya.wkwkw

6. Origanilitas konten sangat diperhatikan, tidak boleh menuliskan hal yang sudah dipublish di web manapun sebelumnya.



Kiranya itulah 6 point yang aku ketahui tentang hasil technical meeting kemaren.



o iya sedikit opini dariku tentang lomba ini, karena waktu yang diberikan cukup sedikit sehingga menyulitkan para peserta untuk membuat blog baru lagi dalam waktu seminggu. saranku kalau ada lomba lagi lebih baik diberikan jangka waktu yang lebih panjang, karena untuk menulis dibutuhkan waktu dan tidak tergesa-gesa. Kalau yang bisa online setiap hari dan menulis kapanpun seh tidak masalah tapi kalau buatku yang Kuliah+kerja dan punya blog utama yang juga perlu di update serta belasan blogku lainnya kurasa aku tidak mempunyai banyak waktu untuk menemukan ide tulisan di blog baruku. he


Salam TerGapteK