ArsipBerita.com - update next 9

ArsipBerita.com - update next 9

Link to Arsip Berita Indonesia - Indonesian News Archives

Perceraian Bikin Anak Kuper

Posted: 29 Jun 2011 07:30 PM PDT

Kamis, 30 Juni 2011 – 08:49 wib

GoS75eDTd7 Perceraian Bikin Anak Kuper
Perceraian bikin anak kuper. (Foto: Getty Images)

TIDAK hanya menjadi kurang pergaulan, anak korban perceraian akan mengalami penurunan nilai akademik, berjuang dengan rasa kegelisahan, kesepian, penurunan kepercayaan diri, dan kesedihan. Namun, dampak ini biasanya terjadi selama dan sesudah proses perceraian.

Pasangan suami-istri (pasutri) di mana pun tentu tidak ingin mengalami perceraian.Karena yang paling menderita jika hal itu terjadi adalah sang buah hati. Sebuah penelitian terbaru di Amerika Serikat terhadap siswa sekolah dasar dan keluarganya mengungkapkan, perceraian dapat memicu kemunduran kemampuan akademik dan emosional anak.

“Anak-anak yang mengalami perceraian, nilai tes matematikanya akan menurun dan menunjukkan ada masalah dengan keahlian interpersonal dan perilaku internalisasi mereka selama berlangsungnya periode perceraian,” kata Hyun Sik Kim, seorang kandidat PhD di bidang sosiologi di Universitas Wisconsin-Madison, Amerika Serikat seperti dikutip laman EurekAlert!.

Mereka lebih rentan terhadap perasaan kegelisahan,kesepian, harga diri yang rendah,dan kesedihan, tambahnya. Studi Kim yang diterbitkan dalam edisi Juni jurnal American Sociological Review menggunakan data dari Early Childhood Longitudinal Study, yang mengikutsertakan lebih dari 3.500 siswa SD di Amerika Serikat yang masuk TK pada tahun 1998.

Penelitian ini, yang menjadikan orang tua sebagai subjek saat memeriksa secara berkala anak-anaknya, Kim berkesempatan mengikuti jejak sebuah keluarga menuju perceraian, juga melalui periode sebelum dan setelah perceraian. Sementara, para partisipan memiliki nilai matematika yang jelek dibandingkan rekan-rekan mereka dan mengalami gangguan psikologis selama perceraian.

“Kim terkejut melihat bahwa mereka tidak ada masalah dalam periode waktu sebelum perceraian. Saya malah berharap akan ada konflik antara orangtua yang mengarah kepada perceraian mereka, dan bahwa yang akan menyusahkan bagi anak mereka,” ujar Kim.

“Tapi saya gagal menemukan dampak yang signifikan dalam periode praperceraian,” imbuhnya.

“Hasil penelitian ini menambah nuansa sebuah asumsi yang dipegang lama bahwa perceraian berbahaya bagi anak di mana pun prosesnya. Ada juga pemikiran bahwa anak-anak akan tangguh dan bahwa mereka akan belajar bagaimana menghadapi situasi di beberapa bagian,” kata Kim.

“Sampai batas-batas tertentu, efek merugikan perceraian akan memudar, tetapi tidak sampai Kim menyebutnya sebagai ketahanan. Setelah perceraian itu, para siswa akan kembali ke tingkat pertumbuhan yang sama seperti rekanrekan mereka,” sebutnya.

“Tetapi, mereka tetap berada di belakang rekan-rekan mereka yang berasal dari keluarga utuh,” lanjut Kim.

Mengapa perceraian menjadi ”pelabuhan” pada murid SD, tidak sulit untuk mencari jawabannya. Itu karena pengalaman baru yang memicu stres terkait proses perceraian, termasuk hubungan permusuhan yang membingungkan antara ibu dan ayah, pulang-pergi antara rumah, efek emosional perpisahan yang dirasa orang tua dan banyak lagi.

“Namun, mengapa tidak akan ada efek yang sesuai pada anak-anak sebelum orang tua memutuskan untuk bercerai adalah pertanyaan yang rumit. Hasil ini mendukung gagasan bahwa tidak semua kasus perceraian akan mengganggu anak akibat konflik berbahaya yang dilakukan orang tua mereka pada periode sebelum perceraian,” kata Kim.

Setelah diketahui dampak perceraian akan mengikis kemajuan perkembangan anak, peneliti melakukan studi pada keterampilan lain yang mungkin lebih rentan kena efek. Matematika—dengan pembelajaran konsep-konsep baru sering masuk dalam materi— dipandang sebagai lebih rentan terhadap isu-isu eksternal daripada kemampuan membaca, subjek dengan anak-anak yang mengalami perceraian tidak menunjukkan efek merugikan.

Anak-anak korban perceraian juga menjaga perilaku mereka yang lebih kuat pada eksternalisasi positif, seperti mencari teman, menyelesaikan konflik tanpa pertikaian, dan menolak gangguan saat tenang, serta saat kehilangan cengkeraman mereka pada aspek emosional internal yang lebih rapuh.

Studi ini berguna bagi orangtua dan pendidik, meskipun harapan Kim berbeda daripada filosofi sekolah dan variasi pemikiran dari anak ke anak yang mungkin menginformasikan interpretasi yang berbeda.

“Jika guru menyadari bahwa seorang siswa mengalami situasi perceraian, mungkin kepentingan siswa tersebut dengan menerima intervensi guru dengan melakukan penyesuaian sedini mungkin untuk mencegah dia mengalami kemunduran lebih jauh,” ucap Kim.

“Karena kalau siswa sudah mengalami keterbelakangan, dia tidak akan kembali pulih, bahkan setelah perceraian,” imbuhnya.

Dari segi kesehatan, studi terbaru menunjukkan, perceraian orang tua memicu anak mengalami serangan stroke. Meski stroke disebabkan multifaktor, seperti kebiasaan merokok, kegemukan, dan kadar kolesterol, fakta baru menunjukkan perceraian orangtua juga berkontribusi pada terjadinya stroke.

Kesimpulan itu dibuat berdasarkan survei yang dilakukan terhadap 13.000 orang Kanada. Sekitar 10 persen dari responden itu mengalami perceraian orangtua ketika mereka masih anak-anak atau remaja. Hasilnya ditemukan, anak yang menjadi korban perceraian orang tua berisiko dua kali lebih besar menderita stroke.

Karena stroke lebih banyak terjadi pada orang yang berusia di atas 60 tahun, para ahli memperkirakan para responden yang stroke itu lahir pada generasi tahun 1940-an.

”Perceraian agak jarang pada itu dan konsekuensinya tentu berbeda dengan perceraian yang dialami anakanak pada sekarang,” kata peneliti Esme Fuller-Thomson.

(SINDO//nsa)

Source: okezone – lifestyle

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Perceraian Bikin Anak Kuper.


Harga kontrak emas terus bersinar

Posted: 29 Jun 2011 07:29 PM PDT

emas2 Harga kontrak emas terus bersinarLONDON: Kenaikan harga kontrak emas berlanjut untuk hari kedua di New York setelah penurunan selama lima minggu mendorong investor untuk membeli logam mulia sebagai alternatif investasi.
Harga perdagangan berjangka emas menyentuh US$1.490.80 per ounce pada 27 Juni, harga terendah sejak 20 Mei. PM Yunani George Papandreou mendapat cukup suara untuk meloloskan rencana pengetatan anggaran sebagai syarat meraih bantuan keuangan lanjutan.

“Ketika emas mencapai level yang masuk akal, kita akan melihat pembeli masuk. Hanya karena voting di Yunani, tidak berarti negara itu daapat mengatassi semua masalahnya,” ujar Frank Lesh, peadagang pada FuturePath Trading LLC di Chicago.

Harga perdagangan emas untuk pengiriman Agustus naik US$10,20, atau 0,7%, jadi US$1.510,40 di Comex, New York kemarin. Sebelumnya, harga sempat meningkat 0,3%.

Harga logam mulia ini naik 6,3% pada 2011 setelah naik ke level tertinggi dalam 10 tahun. Krisis utang di Eropa membantu pencapaian harga rekor US$1.577,40 pada 2 Mei. Yunani berupaya keras untuk menghindar dari gagal bayar pertama di wilayah euro.

Sementara itu, harga kontrak perak untuk pengiriman September naik US$1,117, atau 3,3%, ke posisi US$34,769 per ounce di New York, terbesar sejak 25 Mei. (tw)

Source: bisnis online

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Harga kontrak emas terus bersinar.


Mungkin Karena ‘Jangkar’ Tak Terkendali, Anggota DPRD Diduga Rebut Bini Orang

Posted: 29 Jun 2011 07:25 PM PDT

perselingkuhan404115@ Mungkin Karena Jangkar Tak Terkendali, Anggota DPRD Diduga Rebut Bini Orang
ilustrasi – Istimewa
Kisah perselingkuhan di dunia politik kini semakin marak saja, hal ini bukan hanya terjadi dikalangan rakyat biasa atau para big bos yang suka memiliki wanita idaman lain (WIL) disebuah rumah apartemen.

Kasus perselingkuhan biasanya karena pihak peselingkuh merasa kekurangan untuk urusan “dalam negeri” dan akhirnya melakukan cara “Melobi pihak Luar Negeri” untuk melampiaskan hasyatnya.

Ibarat Menlu RI Marty M. Natalegawa yang sering melobi dan merayu untuk urusan bangsa dan negara di negeri orang, dengan lobi-lobi handal serta beberapa trik guna mencapai tujuan bersama.

Kini yang masih hangat dipebincangkan dikalangan wakil rakyat daerah DPRD Pamekasan, Jawa Timur adalah dugaan kasus perselingkuhan politisi Partai Amanat Nasional (PAN) yang dilaporkan warga merusak rumah tangga orang lain.

“Kadang masih hangat diperbincangkan kasus itu, karena anggota dewan,” kata salah satu pegawai lepas di gedung DPRD Pamekasan, Kamis (30/6/2011).

Seperti diketahui anggota dewan dari komisi A DPRD Pamekasan bernama HR kini diberhentikan dari anggota DPRD dan juga di proses sanksi oleh partainya.

Menurut ketua DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Pamekasan, Jawa Timur memecat sekretaris partai itu, HR, setelah sebelumnya ia dilaporkan melakukan perselingkuhan.

“Ini sesuai dengan hasil rapat internal partai,” kata Ketua DPD PAN Pamekasan Zainal Abidin, di Pamekasan, beberapa pekan lalu.

Bahkan selain dipecat dari jabatan sekretaris partai, HR juga harus menerima “Bogeman” dari jabatannya sebagai sekretaris alat kelengkapan dewan, melalui fraksi PAN di DPRD Pamekasan.

Keputusan pemecatan terhadap kader partai HR ini dilakukan DPD PAN Pamekasan, karena yang bersangkutan dinilai telah menciderai nama baik partai, sesuai dengan hasil temuan tim pencari fakta (TPF) yang menangani kasus perselingkuhan HR.

“Kalau terkait dengan rekomendasi TPF agar Heidir Rahman dipecat sebagai anggota dewan, kami masih menunggu keputusan DPW PAN Jatim,” kata Zainal Abidin menjelaskan.

Sementara itu, HR saat dimintai keterangan membantah telah merusak rumah tangga orang lain dengan melakukan perampasan. Perempuan yang kini menjadi istri siri-nya sudah resmi cerai dengan suaminya pada Desember 2010.

“Suruh hati-hati kalau ngomong atau melaporkan. Masak kalau perempuan janda ada akte cerainya dibilang merampas istrinya orang,” kata Heidir.

Dalam pernyataan yang disampaikan melalui pesan singkat (SMS) itu, HR mempertanyakan maksud dan tujuan pelapor melaporkan dirinya telah merampas istri orang lain. Sebab, menurutnya, yang bersangkutan sudah cerai.

Seperti diketahui dalam laporan yang disampaikan kepada pimpinan DPRD Pamekasan, HR disebut telah merampas istri Agustianto, seorang pegawai Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) yang beralamat di Jalan Nyalabu Indah Blok H, Desa Nyalabu, Pamekasan. Perempuan yang dirampas dari suaminya bernama Afiah Yulia.

Keduanya menjalin hubungan gelap, hingga pada akhirnya rumah tangga Agus dan Yulia berantakan. Dalam laporan tertulis dengan kertas bermaterai itu, Agustianto juga meminta agar HR dipecat sebagai anggota dewan, karena telah melakukan perbuatan yang tidak seharusnya dilakukan oleh seorang anggota dewan.(An/Btt/K-O)

Dibaca 56 X

source: berita8 news

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Mungkin Karena ‘Jangkar’ Tak Terkendali, Anggota DPRD Diduga Rebut Bini Orang.


Puput Melati-Ustad Cilik Kisah Cinta Senasib

Posted: 29 Jun 2011 07:21 PM PDT

1652922 Puput Melati Ustad Cilik Kisah Cinta Senasib

Jakarta – Pernikahan artis Puput Melati dengan Ustad Cilik Guntur Bumi rupanya merupakan kisah cinta senasib. Keduanya pernah mengalami gagal berumah tangga.

“Semuanya hampir sama. Tahun yang sama, memiliki keluhan yang sama. Alhamdulillah nyambung disitu, di pertemukan lewat lagu yang menyentuh hati. Saat ini kita sedang pembuatan album. Sama-sama bercerai ini untuk menghindari fitnah, duren (duda keren) sama janda kembang ya gimana,” terang Ustad Cilik saat dijumpai di kediaman Puput Melati, kawasan Bintaro, Jakarta Selatan, Rabu (29/6).

Sementara Puput menilai Ustad Cilik yang kini telah resmi menjadi suaminya merupakan sosok pria idaman. Ia berharap sang suami menjadi pembimbing rohani bagi dirinya.

“Kalau masalah fisik bisa mengendur, kalau suka karena ganteng nanti ada yang ganteng saya tinggalin dia. Bagi saya yang penting bisa membimbing,” paparnya.

“Saya melihat beliau ustad yang punya kharisma, bisa membimbing karena aku butuh bimbingan rohani,” imbuhnya. [mor]

Source: inilah online

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Puput Melati-Ustad Cilik Kisah Cinta Senasib.


Puput Melati – Ustad Nikah Berkat Jasa Uje

Posted: 29 Jun 2011 07:21 PM PDT

1652902 Puput Melati   Ustad Nikah Berkat Jasa Uje

Jakarta – Artis Puput Melati merasa beruntung mendapatkan suami Ustad Cilik Guntur Bumi. Pernikahan keduanya berkat jasa Ustad Jefry Al Buchori yang menjadi mak comblang.

“Mak comblangnya Uje,” ujar Ustad Cilik saat dijumpai di kediaman Puput Melati di kawasan Bintaro, Jakarta Selatan, Rabu (29/6).

Puput merasa bersyukur dengan pernikahan keduanya ini, “Semuanya atas izin Allah. Jodoh nggak pernah tahu, yang pasti aku bersyukur dapat hadiah dari Allah yang insya Allah lebih bisa membimbing dunia akhirat,” ujarnya bahagia.

Sementara Uje yang turut hadir dalam kesempatan itu menuturkan perjumpaan keduanya berawal dari sebuah acara yang juga ia hadiri.

“Dua bulan atau tiga bulan yang lalu kebetulan kita ada acara di Malang. Waktu berangkat ada Astri Ivo, beliau dan Puput. Seharusnya saya duduk sejajar sama Puput, tapi tiba-tiba Mbak Astri mengkerlingkan mata. Saya cukup paham itu, dia kasih isyarat sama saya. Akhirnya saya berikan kursi itu untuk beliau,” terang Uje.

“Akhirnya sepanjang perjalanan ngedehem. Saya berpikir sederhana kalau di situ ada rasa yang tulus, didasari ibadah,” sambungnya.

Hal senada juga diungkapkan Ustad Cilik yang mengaku grogi saat pertama melihat mantan penyanyi cilik itu.
“Kesan pertama saya nggak berani natap matanya, keder saya, saya beraniin pakai kacamata, akhirnya berani dari situ. Jadi bermulai dari tatap mata,” tutupnya. [mor]

Source: inilah online

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Puput Melati – Ustad Nikah Berkat Jasa Uje.


Text messages dan#039;help smokers quitdan#039;

Posted: 29 Jun 2011 07:20 PM PDT

By James GallagherHealth reporter, BBC News
 53753600 c0080354 cigarette with red Text messages dan#039;help smokers quitdan#039; Two-thirds of UK smokers say they want to stop

Supportive text messages can double the chance of someone successfully quitting smoking, according to UK researchers.

Just over 10% of 2,900 smokers who received encouraging texts such as "you can do it" had quit after six months, but only 4.9% of a similar number who did not have the same support gave up.

The study, published in The Lancet, called for texts to be included in services to help people kick the habit.

Other scientists said a text service could be offered globally.

According to government statistics two-thirds of UK smokers say they want to stop.

This study looked at 5,800 of them. Supportive texts were sent to 2,915 of the smokers for six months. The rest received only messages thanking them for taking part.

They were sent five texts a day for the first five weeks and then three a week for the next 26 weeks.

Participants could also text back for specific advice when they had cravings or had lapsed back into smoking.

Saliva tests for cotinine, which is made when nicotine is broken down by the body, were taken to determine if people had really given up.

After six months, 10.7% of those receiving texts had quit – double the proportion among those doing it on their own.

Dr Caroline Free, who led the txt2stop trial at the London School of Hygiene and Tropical Medicine, said: "Text messages are a very convenient way for smokers to receive support to quit.

"People described txt2stop as being like having a friend encouraging them or an angel on their shoulder.

"It helped people resist the temptation to smoke."

The World Health Organization says nearly six million die each year because of smoking, mostly in low and middle-income countries.

Dr Derrick Bennett and Dr Jonathan Emberson, both from the University of Oxford, said text messages could be used to help people around the world.

"The lessons learned from the txt2stop trial could… not only provide a new approach to cessation in high-income and middle-income countries, but could also provide a useful starting point for implementing behavioural change in resource-poor settings."

It has also been suggested similar text messages could be used to help people modify other behaviour.

source: bbcuk

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Text messages dan#039;help smokers quitdan#039;.


Doctors back driver smoking ban

Posted: 29 Jun 2011 07:20 PM PDT

By Nick TriggleHealth correspondent, BBC News, Cardiff
 53764051 smoking bbc Doctors back driver smoking ban Doctors are calling for a ban on smoking in cars

Tougher legislation is needed to curb unhealthy behaviour, doctors say.

Delegates at the British Medical Association's annual conference called for a ban on smoking in cars, and more action on alcohol pricing and promotion, such as an advertising ban.

The union accused ministers of being too close to industry by focusing excessively on voluntary agreements.

The government said there had to be a balance between legislation and partnership on improving public health.

During a series of debates about public health at the conference in Cardiff, doctors criticised the approach of government, saying ministers were "undermining" public health.

In March the Department of Health in England announced its responsibility deal with industry when more than 170 companies put their names to a series of pledges on physical activity, alcohol, health at work and food.

A total of 19 core pledges were agreed, including introducing calorie counts on menus, increasing labelling on drinks and offering more promotions on fresh fruit and vegetables.

But a host of health organisations, including the BMA, refused to back the initiative, arguing there was a lack of clarity over how industry would be held to account.

At the time Alcohol Concern went as far as to say it was the "worst possible deal".

Dr Abi Smith, a junior doctor from Bristol, said the initiative did not go far enough.

"The government is placing private industry and profit over public health. This is a clear undermining of the voice of public health."

London-based GP Dr John Chisholm agreed. He said: "Clearly industry should be consulted and engaged with. However, I have grave concerns that the government is too averse to interventions and sanctions when appropriate."

Medics went on to vote for the BMA to push for:

A ban on smoking in cars, saying that research has shown that toxicity from smoking in cars is 27 times higher than it is in the home and 20 times higher than in the pub. Delegates said it would improve road safety as well. Forcing all firms involved in tobacco products to publish all payments to politicians and political parties. A ban on alcohol advertising, restricting licensing hours and introducing a minimum price for alcohol – something the BMA has already called for and a move which is being looked at in Scotland. "Unacceptable" use of trans-fats – often found in biscuits, cakes and fast food – to be banned, although the BMA's science experts were asked to look at the issue before it became official policy as some trans-fats are naturally occurring.

But not all delegates agreed with the measures. Medical student Charlie Bell said: "We are the BMA not the BNA – the British Nannying Association."

The Department of Health rejected suggestions it was too weak, pointing out it was using legislation to ban tobacco displays in shops and was considering forcing cigarettes to be sold in plain packets.

A Department of Health spokesman added: "This government believes that if we are to find new ways of supporting people to change their behaviour we need to work in a broad partnership with public health, voluntary and commercial organisations.

"Government alone cannot improve public health. Everyone has a role to play in improving the public's health."

source: bbcuk

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Doctors back driver smoking ban.


Major investigation into care at London NHS trust

Posted: 29 Jun 2011 07:20 PM PDT

 53758006 53758005 Major investigation into care at London NHS trust

Five women have died at the same maternity unit in 18 months.

A major inquiry has begun at an east London NHS trust following serious concerns about the levels of patient care, including in A&E and maternity.

The Care Quality Commission (CQC) has started a full investigation – only the second time it has done so – into the Barking, Havering and Redbridge University Hospitals NHS Trust.

In April it was told to improve its maternity services but the CQC said not enough has been done.

The trust said it welcomed the inquiry.

In April 2010, the CQC imposed eight conditions on the trust – seven of which have now been lifted – due to concerns about its performance.

Since then, inspectors have made unannounced visits, resulting in urgent demands for improvement and have carried out reviews into the maternity and A&E services.

The review of A&E, which will be published next month, found that problems with how the department was organised was affecting care.

The review of maternity services, published in April, found the trust was failing to meet six essential standards, with two areas – staffing, and care and welfare of people – a major cause for concern.

 51821882 51821481 Major investigation into care at London NHS trust Serena Ali and her baby died after staff failed to spot a ruptured womb

At this time, staff told inspectors that patient care was being compromised by staffing issues, and the CQC warned the trust that this must be addressed as a matter of urgency.

It has since recruited 60 midwives.

The report came three months after two midwives were suspended following the death of Tebussum Ali, known as Serena, and her newborn baby at Queen's Hospital in Romford.

Staff had failed to spot signs of her ruptured womb and tried to resuscitate her with a disconnected oxygen mask.

The CQC's Colin Hough said: "CQC has now launched a full investigation into whether Barking Havering and Redbridge University Hospitals NHS Trust has the right systems in place to protect people and make sure they receive safe care.

"We'll also be looking at the bigger picture – whether the trust has the support it needs to make improvements."

The trust's chief executive Averil Dongworth said: "The CQC recognises that some improvements have already been made, although we need to go further and sustain this.

"We welcome the CQC's investigation and will be working closely with them."

The CQC has a range of powers, including the ability to close wards and hospitals.

source: bbcuk

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Major investigation into care at London NHS trust.


Konsumsi Serat untuk Jantung Sehat

Posted: 29 Jun 2011 07:18 PM PDT

Kamis, 30 Juni 2011 – 08:39 wib

ejEzl3mRpf Konsumsi Serat untuk Jantung Sehat
Konsumsui serat untuk jantung sehat. (Foto: Getty Images)

PENYAKIT jantung koroner masih menjadi pembunuh manusia nomor satu di dunia. Salah satu pencegahan yang paling mudah dan efektif adalah mengubah pola makan dengan mengonsumsi makanan berserat.

Data dari World Health Statistic 2009 yang dilansir oleh Badan Kesehatan Dunia PBB (WHO) menyebutkan, penyakit jantung koroner (PJK) dan stroke masih menjadi penyebab utama kematian di dunia. Temuan ini juga selaras dengan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Indonesia 2007 yang menyatakan bahwa PJK dan stroke merupakan pemicu nomor satu kematian di Indonesia.

Ironisnya, PJK kini tidak memandang usia, yang muda maupun yang tua dapat terkena penyakit ini.Beberapa ahli bahkan menyatakan bahwa penyakit ini kini sudah menjadi epidemi global tanpa mengenal perbedaan jenis kelamin, batas geografis dan sosial ekonomi.

Gaya hidup yang tidak seimbang serta pola makan yang salah disinyalir menjadi salah satu penyebab teratas timbulnya PJK. Hal ini terutama dilakoni masyarakat di kota-kota besar yang terus mengalami stres akibat pekerjaan yang selalu diburu-buru dan tidak mengenal waktu.

“Perubahan gaya hidup yang dialami sebagian masyarakat Indonesia, khususnya yang tinggal di kota besar, di mana pola makan rendah serat dan tinggi lemak menjadi konsumsi sehari-hari, telah memicu meningkatnya kadar kolesterol jahat,” kata Kepala Instalasi Gizi RSUP Fatmawati, Jakarta, dr Pauline Endang Praptini MS Sp GK kepada SINDO saat ditemui di ruang kerjanya beberapa waktu lalu.

Pauline menjelaskan, PJK adalah pengapuran pembuluh darah koroner akibat timbunan kolesterol atau aterosklerosis. Pengapuran tersebut menyebabkan pembuluh darah yang semula elastis menjadi kaku sehingga mudah robek. Aterosklerosis, lanjut dia, sebenarnya merupakan proses alami yang terjadi pada setiap manusia usai menyantap berbagai jenis makanan.

Pengapuran ini sejatinya akan terjadi saat seseorang telah memasuki usia lanjut. Namun, sejumlah faktor risiko di antaranya peningkatan kadar kolesterol, penyakit diabetes, hipertensi,merokok, serta obesitas dapat mempercepat terjadinya aterosklerosis yang berujung pada serangan jantung.

“Akhirnya yang terjadi dewasa ini, yang terkena PJK bukan lagi orang-orang tua, tetapi mengarah ke usia muda mulai 30 tahun. Ini tentu menjadi perhatian berbagai pihak mengapa ini bisa sampai terjadi,” tutur Pauline.

Karena itu, terang dia, masyarakat sudah harus disadarkan pentingnya pola hidup yang sehat untuk mencegah terkena PJK sejak dini. Pola hidup yang sehat sebenarnya bukan hanya pola makan yang baik, tetapi juga perubahan gaya hidup dengan berpikir dan beraktivitas yang sehat, termasuk mengelola stres dengan tepat.

“Jika seseorang memiliki manajemen stres yang kurang baik, tentu akan berdampak pada kesehatannya. Misalnya menjadi pengidap hipertensi,” ujar Pauline.

Terkait pola makan yang sehat, Pauline meminta masyarakat untuk mengonsumsi makanan sesuai kebutuhan dan tidak berlebihan. Penerapan pola makan yang sehat ini musti diterapkan segera mengingat kondisi saat ini di mana kebiasaan sehari-hari dan rutinitas pekerjaan yang menuntutAnda untuk“menjauh”dari hidangan sehat.

“Mengonsumsi makanan berserat dalam kadar yang cukup dan secara teratur ternyata dapat berdampak bagus bagi tubuh dengan mengurangi kadar kolesterol hingga 15 persen. Dan tentu tanpa minum obat,” kata Pauline.

Temuan ini, ucap Pauline, dia dapatkan dalam sebuah penelitian yang dilakukannya sendiri pada 1999. Partisipannya berjumlah 30 orang karyawan pria dari sebuah perusahaan swasta berusia 40 tahun ke atas yang memiliki kadar kolesterol tinggi.

Selama enam minggu, para peserta studi diwajibkan mengonsumsi makanan berserat jenis oatmeal sebanyak 75 gram setiap harinya dan dilarang meminum obat-obatan atau suplemen penurun kolesterol.

Makanan dari oatmeal yang disediakan berbentuk kue atau camilan yang dibagikan pada pagi dan sore hari. Partisipan juga diminta mencatat apa saja makanan yang dikonsumsi setiap harinya dari bangun pagi hingga tidur lagi. Hasilnya, kadar kolesterol para peserta penelitian menurun hingga 15 persen tanpa tereduksi dengan apa yang mereka makan sehari-hari.

Pauline menjelaskan, oatmeal bekerja seperti “busa kecil” yang menyerap dan membawa keluar kolesterol dari dalam tubuh. Serat larut yang terdapat dalam oatmeal yaitu beta glucan, membantu mengendalikan kolesterol di darah dengan mengikat beberapa kolesterol di dalam saluran pencernaan.

Atas dasar fakta-fakta tersebut, DDB Indonesia dan Maxus Indonesia memprakarsai “Gerakan Sayangi Jantungmu”, sebuah kegiatan yang bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya PJK. Program ini lantas mendapat sambutan positif dari berbagai pihak, termasuk Pepsi Co Indonesia, pemasar produk Quaker Oats.

(SINDO//nsa)

Source: okezone – lifestyle

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Konsumsi Serat untuk Jantung Sehat.


Teknologi Duralife Engine, Rahasia TVS Berani Garansi 5 Tahun

Posted: 29 Jun 2011 07:11 PM PDT

20110630 teknologiTVS 1 Teknologi Duralife Engine, Rahasia TVS Berani Garansi 5 Tahun

Pabrikan sepeda motor India, TVS yakin akan kualitas produknya. Bahkan garansi yang diberikan untuk konsumen adalah 5 tahun, bukan 3 tahun.

“Kita punya teknologi Duralife Engine. Teknologi ini membuat mesin lebih awet, hemat bahan bakar dan tetap bertenaga,” bangga Darmadi Tjuatja, Chief Operating Officer PT TVS Motor Company Indonesia (TVS-MCI).

Pada TVS Neo dan RockZ, Duralife Engine ini terdiri dari empat teknologi, yaitu yang pertama adalah roller follower atau pada motor Jepang biasa disebut dengan roller rocker arm.

Pelatuk klep ini sudah di lengkapi dengan roller untuk mengurangi gesekan dengan noken as. Semua yang menggunakan teknologi ini pasti mengaku mesin akan hemat bahan bakar dan lebih bertenaga. Begitu juga dengan TVS.

Lanjut ke teknologi berikutnya adalah low friction piston ring. TVS bermain dengan ketebalan ring piston untuk menciptakan gesekan yang semakin kecil.

“Ketebalan ring piston kita hanya 0,8 mm dan ring oli-nya 1,5 mm. Umumnya ring piston tebalnya 1 mm dan ring oli mencapai 2 mm. Selain lebih ringan juga gesekan dapat tereduksi,” jelas Ades Fajarudin, Training Cordinator, PT TVS-MCI.

Tapi, jadi muncul pertanyan, apakah ring piston setipis ini kuat menahan kompresi? “Tentu saja kuat karena materialnya sudah kami perhitungkan. Selain itu sirkulasi oli pada mesin ini juga sangat baik, kami menyebutnya low friction advance lub circuit,” lanjutnya.

Lebih jauh pria ramah ini menjelaskan bahwa pada sirkuit pelumasan ini, ada satu saluran yang menyemprotkan oli ke dinding silinder bagian bawah, semprotan ini menjaga agar ruang bakar tetap dingin.

“Umumnya bagian dinding silinder hanya dipercikan oli lewat gerakan kruk as. Tapi kita ada dua, dari kruk as dan dari saluran tadi. Kita juga punya pompa oli dengan tekanan cukup besar, mencapai 5 liter / menit pada 8000 rpm,” yakinnya.

Dan yang terakhir adalah lapisan teflon pada tensoiner rantai mesin. Teflon ini akan mengurangi gesekan antara tensioner dan rantai mesin itu sendiri. Hasilnya dua komponen ini bakal lebih awet dan diyakini bisa bikin hemat bahan bakar.

Sedang pada TVS Tormax 150, Duralife Engine disempurnakan dengan kehadiran radiator. Water jacket pada TVS Tormax bukan hanya terdapat di kepala silinder tapi sampai ke dinding silinder blok. Lebih adem deh!   (motorplus-online.com) 

Penulis : Popo | Teks Editor : Nurfil | Foto : TVS

Source: OtomotifNet

Berita Lain:

+ Arsip Berita Indonesia - Teknologi Duralife Engine, Rahasia TVS Berani Garansi 5 Tahun.